Pandita Durna Beda Versi

Pandita Durna di wayang kulit adalah orang yang licik dan cacat. Namun di Mahabarata asli India beda. Dia adalah brahmana yang sakti, pendiam,bijaksana dan fisiknya gagah. 

Bagaimana jika wayang durna dibuat dengan gambaran semacam di India.

Durna Wibawa by maskur

Kurang lebih seperti ini, mirip wayang asli namun dirubah roman muka dan fisiknya.

Durna wibawa versi

 

Versi lain, mirip Antaboga dengan baju mirip raja.

Durna versi longok
Yang ini persis seperti aslinya hanya ganti muka..

Iklan

9 pemikiran pada “Pandita Durna Beda Versi

  1. Pendita Durna jane pendhita sekti gurune Pandawa karo Kurawa thok.
    Tapi neng dhalang sing kurang pengerten maring bab pakem wayang, Drona dadi pendhitane sembarang siswa.
    Malah dadi pendhita sing dadi wayang dhupakan
    Ari arep ngerti pendhita Durna sejati, mangga ngibllat maring kepriwe Ki Nartosabdo gole nglakokena Drona.
    Mendi ana Drona dadi gebugane Sencaki utawa Bawor jajal?

    Suka

  2. Ari ngerti Prabu Palgunadi, raja Paranggelung, saking kepengine dadi muride Drona, ora klakon sebab dudu dharah Barata, nekad gawe reca wujud Drona denggo guru imaginatif.
    Sebenere Drona disumpah mung kudu dadi gurune Pandhawa, Kurawa.

    Suka

  3. dorna versi jawa ( banyumas) dengan india jelas berbeda, ini menyangkut masalah misi para pujangga pada masa yang lalu. saya kira bukan hanya dorna tapi banyak para tokoh wayang yg sengaja dirubah karakternya. mungkin dg alasan supaya masyarakat tidak berkiblat ke india dalam soal spiritual tapi ke tanah jawa yg saat itu sedang mengalami perubahan spiritual….tidak ada yg salah dalam hal ini….ini soal kepentingan…..

    Suka

  4. ketika batara guru sebagai ratunya para dewa kemudian bisa dikalahkan oleh tokoh carangan seperti semar atau wisanggeni, apa itu juga para dalang atau para pujangga pada masa lalu di tanah jawa dianggap tidak tau pakem? justru karena tau pakem makanya sesuatu yg tidak selaras dg prinsip2 pakem yg baru, makanya pakem yang lama harus dirubah… sekali lagi ini menyangkut soal kepentingan lebih real lagi perubahan prinsip spritual yg dilakukan dg cara halus…..apa jadinya jika batara guru sosok yg paling sakti dan paling agung, untuk apa ada perubahan spiritual,…..ini tanah jawa, mohon difahami dalam konteks yg berbeda juga…..

    Suka

  5. sosok batara guru, betari durga dan tokoh dewa lainya karakternya bisa dirubah apalagi sekedar tokoh manusia seperti dorna…..yah itulah KEPENTINGAN

    Suka

  6. Ping balik: Aswatama Ratu | Kluban.net

Terima Kasih Atas Komentarnya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s