Sate Binangun Banyumas, Di Pelosok Tapi Terkenal

Sate Kambing, makanan ini ada di mana-mana, dari yang model warung sederhana, warung tenda hingga yang berupa restoran gemerlap mudah di dapati. Memang tidak semua tempat ada, hanya ada di lokasi tertentu di suatu kota, dan biasanya dihafal oleh penggemarnya. Para penjual sate punya nama tersendiri padahal barangnya sama, namun entah kenapa ada saja yang “terkenal”.

Krumput - Binangun 09 final

Seperti yang saya datangi belum lama ini, Sate Binangun. Setelah menjajal track susah dengan matic, perut lapar saatnya mencicipi sate yang terkenal ini.

Sate Binangun ini terletak di suatu pegunungan, jauh dari jalan besar, namun kalo sore banyak mobil berdatangan hanya untuk membeli daging tusuk-bakar ini. Terletak di desa Binangun kecamatan Banyumas, 1 km dari kompleks tower televisi.

Warung Sate Binangun

 

Warungnya berupa rumah tinggal yang terasnya disulap menjadi warung sate dengan meletakkan bakaran dan lemari kacanya.Warung Sate Binangun2

Posisi warung ini mudah dicari, karena ada di depan gedung Balai Desa Binangun.

 

Warung Sate Binangun - Baledesa Binangun

Koordinatnya :

-7.537028,109.246367

 

Rute dari alun-alun Banyumas adalah sebagai berikut.

Warung Sate Binangun Peta

Dari alun-alun Banyumas ke barat menuju desa Pekunden. Belok kiri arah desa Pasinggangan dan terus ikuti jalur. Jalurnya mayoritas mulus, dan cukup lebar untuk Mobil. Melewati persawahan lalu tanjakan yang landai. Setelah melewati kompleks tower berarti sudah dekat. Dari Googlemap didapat jarak 7,8 km, cukup dekat.

Rute yang ini dari arah sebaliknya, dari Sampang, Cilacap.

Warung Sate Binangun Peta Dari Sampang

 

Dari kota Sampang kita ikuti jalur utama, setelah SPBU akan ditemui pertigaan berbentuk Y. Kita ambil lurus, melewati rel Kereta dan lalu sampai di perempatan. Ambil kiri, ikuti jalur sampai ada papan petunjuk ke Binangun. Belok kanan lalu belok kiri, masuk jalur pedesaan yang menanjak cukup curam. Melintasi hutan pinus dan pemukiman penduduk. Mayoritas jalurnya menanjak dan berbelok-belok, jalurnya cukup sempit untuk Kendaraan roda 4. Kalo kesulitan bisa tanya ke orang dimana letak Balai Desa Binangun. Jaraknya ternyata sekitar 8,9 km. Rute ini pernah saya tulis di SINI

Lokasi sudah, sekarang review satenya. Dagingnya empuk, bumbu dan potongan dagingnya pas. Sajiannya standar saja, bumbu kecap (atau kacang bisa dipilih), irisan tomat dan bawang merah. Recommended pokoknya. Satu porsi dengan nasi putih seharga 25,000. Warung ini buka jam 11 siang sampai 10 malam.

Eh ada daya tarik lagi dengan warung sate ini, anak perempuan pemilik warung juga suka ikut melayani di warung, dan anaknya ini katanya cantik. Saya belum tahu secara langsung, karena pas ke sana baru buka dan baru ada bapaknya,

Iklan

2 pemikiran pada “Sate Binangun Banyumas, Di Pelosok Tapi Terkenal

Terima Kasih Atas Komentarnya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s