Bakul Gembus

Bakul Gembus

Di kota Cilacap, di pojok pertigaan atau perempatan, sering ditemui tenda kecil beratap plastik. Dibawahnya nampak ada kompor gas dan penggorengan. Sang penjual makanan duduk di “dingklik” atau “jengkok” sambil menggoreng sesuatu berwana putih berlubang lalu ditiriskan minyaknya dengan batang bambu. Itu adalah BAKUL GEMBUS.gembusGembus di Cilacap (dan wilayah Banyumasan) beda dengan sebutan yang sama untuk daerah Jawa Tengah sebelah timur. Di Cilacap gembus adalah makanan dibuat dari tepung singkong, berbentuk bulat dan berlubang lalu digoreng. Karenanya disebut juga Donat Jawa. Gembus Banyumasan ini [barangkali] mirip Geblek di daerah Purworejo-Wates.

Sedangkan Gembus di Jogja, Solo, Semarang, Magelang dan sebagainya, merupakan tempe yang terbuat dari fermentasi ampas tahu.

wpid-gembus-mateng

Penjual Gembus ini selain mangkal di tempat tertentu juga akan mendatangi keramaian semacam pasar malam atau pagelatan wayang kulit.

Ada teman di Banyumas sana dititipi istrinya untuk mencari gembus, namun adanya hanya ketika ada keramaian. Beda jika di Cilacap, penjual gembus ini mangkal setiap hari, tanpa harus menunggu keramaian tiba.

Iklan

12 pemikiran pada “Bakul Gembus

Terima Kasih Atas Komentarnya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s