Masjid Iqra, Sejenak Mengenang Masa Lalu

Maskid Iqra (1)

 

Jika melintas Jalan Raya yang melewati kota Kecamatan Banyumas, di suatu titik akan kita jumpai sebuah Masjid yang tampak indah dengan arsitektur yang menarik perhatian atau istilahnya eyecatching, bernama Masjid Iqra.
Maskid Iqra (8)

Masjid ini sebenarnya adalah masjid milik SMA Negeri Banyumas namun tentunya boleh digunakan untuk beribadah oleh umat Islam lain. Pintu masuk ke dalam sekolah juga berada di samping Masjid, sehingga memudahkan akses untuk masuk umum.

Maskid Iqra (4)

Interior masjid cukup bagus dan luas, namun masih terdapat tiang semacam soko guru yang bisa kita dapati apda masjid jaman dahulu. Karena masjid sekarang umumnya memaksimalkan ruangan dengan tidak menggunakan tiang di tengah. Namun ternyata, di Masjid Iqra ini tiang tersebut adalah pilar untuk lantai atas.
Maskid Iqra (2)

Ini adalah tangga menuju lantai dua yang sepertinya digunakan oleh jamaah putri. Tangganya ada dua buah di kanan kiri, satu untuk naik sementara yang satuny untuk turun.
Maskid Iqra (5)

Tampak lantai dua, pilar atau kolom lengkap dengan balok penopangnya.
Maskid Iqra (6)

Sudut kanan depan tampak semacam mimbar permanen yang dihias dengan keramik dinding.
Maskid Iqra (7)

Ini adalah daftar pengurus yang terletak di samping pintu sisi selatan. Tampak masih ada “orang lama” yang tertera di sini.Maskid Iqra (3)Duduk di teras sisi selatan, sambil memandang ke area sekolah, ingatan melayang ke 20-17 tahun yang lalu. Dulu dari sisi ini, pemandangan ke depan jauh berbeda. Di samping masjid ada taman kecil dan jalan berpaving yang hanya cukup untuk dilewati sepeda motor. Bangunan ber-atap tinggi yang digunakan sebagai Gedung Olahraga, dulunya hanyalah lapangan basket yang dipagar kawat. Halaman depan juga dahulu tak selebar ini.

Mengenai masjid sendiri, dulu ukurannya kecil, hanya rutin digunakan ketika shalat Dhuhur di istirahat kedua. Yang tidak berubah sepertinya beberapa nama di daftar pengurus masjid.

Iklan

Satu pemikiran pada “Masjid Iqra, Sejenak Mengenang Masa Lalu

Terima Kasih Atas Komentarnya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s