Kandidat Presiden Suriname, Orang Banyumas

Sapoen Raymond

 

Suriname, negara nun jauh di sana namun memiliki keterikatan dengan Indonesia khususnya Jawa. Karena banyak penduduknya merupakan keturunan dari Jawa yang dibawa ke Belanda secara paksa. Setelah puluhan tahun suku Jawa di sana berkembang dan berperan dalam perkembangan negara tersebut. Berpartai Jawa, ada yang jadi pejabat, menteri dan bahkan calon Presiden.

Raymod Sapoen, adalah seorang Menteri Pendidikan yang sekarang menjadi kandidat Presiden Suriname. Nah dari penelusuran nenek moyangnya, bisa jadi dia adalah keturunan Jawa dari Desa Kanding, Somagede Banyumas.

MENELUSURI JEJAK LELUHUR KANDIDAT PRESIDENT SURINAME DI SOMAGEDE BANYUMAS

oleh Arie Grobbee

 

Dasar penelusuran saya adalah arsip ini:

  • Naam : Sapoen Vadersnaam Sapoen
  • Geslacht man Leeftijd jaren : 25
  • Lengte : 146
  • Herkenningsteken Pigment : vlek borst.
  • Godsdienst : moslim
  • Gewest (Karesidenan) :Banjoemas  
  • Afdeling (Kabupaten) : Banjoemas 
  • District (Kawedanan) : Banjoemas  (dulu mungkin belum ada Kecamatan)
  • Desa / dorp : Kanding

Nama Sapoen yang berangkat ke Suriname jaman Penjajahan Belanda hanya ada dua orang yaitu Sapoen dari Desa Kanding Banyumas ini dan Sapoen dari Desa Kedungwuluh Purbalingga.

Tapi Sapoen yg paling mirip dengan Mr Raymond Sapoen Kandidat Presiden ini adalah Sapoen yg dari Desa Kanding Banyumas. Bahkan ketika foto dijejerkan banyak yg mengira itu orang satu dengan model foto yg berbeda.

Sapoen

Penasaran saya langsung saja ke Desa Kanding yg 30 kilometer dari rumah saya, langsung menuju Balai Desa. Pak Kades Kanding dan Perangkat lain menyambut saya dengan baik, bahkan menyampaikan kalo yg di foto mirip dengan warganya yg bernama Parsono.

Tanpa menunggu waktu lama langsung saya ke rumah Parsono, disana saya dikenalkan dengan Ibunda Parsono yg diharapkan masih mengerti kejadian jaman dulu. Menurut penuturannya, di desa Kanding ada seorang ibu bernama Mbok Sadem punya anak satu satunya bernama Sapoen pergi tidak pernah kembali dan tidak ada beritanya sama sekali. Bahkan dalam kesedihannya mbok Sadem yg masih kerabat dekat dengan suaminya ini sering mengeluh sambil jualan Tempe:

“Anake nyong siji-sijine lunga ora bali bali ora nana wartane, apa ndarani Nyong wis mati apa kepriwe”

Sayapun mencari lagi info pada orang yg lebih tua dari Ibunya Parsono namanya Bapak Radam. Ketika saya temui Pak Radam membenarkan cerita itu, bahkan masih ketika saya tunjukan foto Ki Sapoen beliau membenarkan bahwa itu Sapoen asli Kanding.

Warga desa tersebut yg berusia diatas 50 juga masih ingat kalau dulu terkenal ada cerita menyedihkan:

“SAPOEN ANAK SIJI SIJINE MBOK SADEM LUNGA KAWIT BUJANG ORA BALI BALI/ILANG…NGANTI TEKAN PATINE BIYUNGE”

Rupanya mereka tidak tahu kalau Sapoen pergi ke Suriname, dan cerita itu baru terkuak 83 tahun kemudian….

Bapaknya Parsono adalah keponakan dari Mbok Sadem, jadi Parsono kerabat dekat dengan Sapoen yg pergi ke Suriname. Dan kalau Mr Raymond Sapoen ini adalah cucu dari Sapoen asli Kanding Somagede ini, berarti Parsono sepupuan sama Kandidat President Suriname.

Mari kita doakan semoga Mr Raymond Sapoen yg sekarang Mentri Pendidikan dan Pengembangan Masyarakat Suriname ini sukses menjadi President…. Amminnnn

Iklan

54 pemikiran pada “Kandidat Presiden Suriname, Orang Banyumas

  1. Dari bentuk telinga saja sdh beda,,, come on jgn buat berita yg menyesatkan. Hanya sekilas ada kemiripan, tanggal kelahirannya pun beda.. be smart pls

    Suka

  2. Apik lah wong turunan Banyumas teyeng dadi kandidat Presiden nang tanah wong liya. Pak Sapoen egin teyeng banyumasan apa ora ya? Hehehehe

    Suka

  3. sekarang kan sudah jaman modern, mengapa tidak memanfaatkan teknologi untuk melacak kebenarannya, apa lagi ia menjadi orang penting, pasti ada alamat-alamat yg dapat dihubungi, baik no. telepon maupun webseet kantor..

    Suka

  4. kalo cari info orang jawa yg dibuang ke sumatera sbg pekerja pencari ulat sutra pada zaman jepang ada g ya?soalnya kakek buyutku sampe sekarang g ada kbrnya.mksh sblmnya

    Suka

  5. Ping balik: Karena Raymond Sapoen, Stats Melonjak Drastis | Kluban

  6. Ping balik: Dipastikan Raymond Sapoen Adalah Keturunan Banyumas | Maskur's Blog

  7. gyeh nyong supri wong clacap siki nang sorowako sapa ngerti ana batirku sing ish kemutankaro aku gemiyen aku sekolah nang smp YPE bandengan cilacap ana sing jenengewrsidah,supinah fatimah soliah, lan joko pitono alamat email ku supriyono@vale.com tek tunggu ya…………..

    Suka

Terima Kasih Atas Komentarnya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s