Ketika Dalang Memainkan Diri Sendiri

Wayang Diri Enthus

Ki Enthus Susmono yang sekarang ini adalah Bupati Tegal, termasuk dalang kreatif. Dia menciptakan beberapa macam wayang kreasi termasuk di dalamnya adalah wayang dirinya untuk lucu-lucuan.

Seringnya ketika perang sedang panas-panasnya, ada selingan munculnya karakter sang dalang sebagai tokoh yang bisa mengatasi semua hal, termasuk melawan musuh yang tak bisa dikalahkan oleh ksatria.

Wayang Bima Setya Aji vs Kukuh Bayu Aji

Ternyata dalang lain dengan kreatifitas masing-masing juga menampilkan wayang diri mereka dalam bentuk lain. Misalnya Ki Kukuh Bayu Asji yang modelnya mirip wayang Enthus. Sang Putra, Ki Bima Setya Aji yang membuat potret dirinya dalam bentuk wayang mirip yang ada di film Mahabarata.Dalang Memainkan Diri Sendiri 1

Ki Tejo Sutrisno juga membuat “potret dirinya dalam berbagai versi, tak lupa sang pengeris atau asisten dalang juga diwujudkan dalam bentuk wayang.

Ki Tejo S

Dalang Memainkan Diri Sendiri 2

Yang terakhir dari Ki Tejo Sutrisno adalah karakter yang mirip Cekruk Truno yang digerakkanny mirip wayang yang ada di Wayang Kampung Sebelah.

cekruk trisno (2)

Wayang Cekruk oleh dalang jaman dulu dimainkan untuk mengusir binatang buas. Yang sekarang untuk melawan wadya setanan, cukup menarik aksinya. Salut kreativitasnya.

Iklan

2 pemikiran pada “Ketika Dalang Memainkan Diri Sendiri

Terima Kasih Atas Komentarnya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s