Kisah Inspiratif Dari Sambel Layah

Ternyata begini kisah Sambel Layah yang sukses. Komentar pribadi : Rasa biasa saja. yah namanya ayam goreng, ayam bakar, lele goreng dan semacamnya..yah gitu-gitu saja… paling bedanya di sambal… Sambal, jargonya bikin nangis, tapi kalo menurut saya tidak terasa pedasnya, jauh kalo dibanding Bebek Slamet. Harga…nah ini dia nilai plusnya, harganya murah, tempatnya enak… efeknya Laris Manis… Dulu di Cilacap parkiran isinya motor-motor, sekarang mobil-mobil bagus juga menuh-menuhin parkir..

sambel layah (2)
By :Uungferi

Memang sangat fenomenal kehadiran rumah makan berlabel Sambel Layah (SL) di belantara kuliner Indonesia. Rumah makan yang berdiri sejak 4 April 2013 di kota Purwokerto. Tentu saja menyisakan banyak kisah dan pelajaran yang bisa kita jadikan inspirasi bersama. Tahun 2015 ini Sambel Layah memasuki usia ke 2, jaringan outlet semakin menyebar di berbagai kota besar di Indonesia diantaranya Jogja, Pekalongan, Solo, Cirebon, Cilacap, Purbalingga, Tegal dan beberapa kota selanjutnya yang telah ditargetkan oleh manajemen Sambel Layah. 

Sobat, ada yang menarik nih dari Sambel Layah,… ini sih berdasarkan pengamatan ane dan dari hasil obrolan serta sharing dengan Owner SL (Mas Andin & Mas Wawan) yang kebetulan satu perjuangan di komunitas berbasis Islam Zona Bombong Purwokerto. Awalnya Mas Andin bingung tak ada konsep jualan yang matang, sementara tanah sudah di kontrak dan sudah dibangun semi permanen,… tragisnya sudah mangkrak selama 6 bulan tak terpakai. Letak lokasi juga bisa dikatakan kurang strategis.

Tadinya mau dibikin warung berlabel Kampung Penyet bahkan semua atribut telah selesai di desain. Tapi ternyata Allah SWT berkehendak lain hingga akhirnya dipertemukan dengan Mas Wawan (Owner Bebek Goreng H. Slamet Purwokerto). Dengan perbincangan lama dan berliku-liku akhirnya munculah brand rumah makan Sambel Layah. Hebatnya sebelum rumah makan dibuka satu hari sebelum Grand Opening pengunjung sampai malam sudah berdatangan, namun belum bisa dilayani karena memang belum buka.

dahsyatnya sambel layah


Bummm,… satu bulan operasional omsetnya langsung melejit,… dahsyat dan fenomenal menjadi ciri tersendiri untuk SL, karena memang faktanya seperti itulah. 3-4 bulan kemudian mulailah bermunculan brand-brand yang menyerupai Sambel Layah, dari logo sampai warna dan cara penyajian sampai menu makanan, harga memiliki kemiripan dengan SL, bahasa keren nya sudah mulai dicontek oleh pengusaha kuliner lain nya di Purwokerto.

Namun, apa yang terjadi dengan brand-brand tiruan dalam kurun waktu satu tahun kemudian, mereka yang meniru sudah mulai gulung tikar satu persatu. Hingga tahun kedua berdirinya SL pun masih banyak brand-brand baru bermunculan. Hmmm…. apa sih yang membuat Sambel Layah menjadi fenomenal dan dahsyat dengan omset yang luar biasa itu…??? penasaran bukan,…??? Ane juga penasaran deh,…??? hehehe coba kita cari tahu sedikit saja….

Sobat, tujuan berbisnis sudah pasti mencari uang dan keuntungan yang lebih untuk memperkaya diri… betulll…??? itu kalau kita lihat dari kacamata bisnis yaa,… tapi coba kita renungkan kembali dengan hakekat diciptakannya manusia oleh Allah SWT,…??? tentu saja untuk beribadah kepada Nya bukan,…??? melaksanakan perintah dan menjauhi segala laranganya bukan,…??? yuppp… kita kembali ke hakekat berbisnis,… Bisnis adalah perjalanan manusia menuju sang pencipta Nya. Artinya jika bisnis kita hanya sebatas uang ya berarti kita hanya mendapatkan uang saja dan jumlahnya juga tak tentu, bisa sedikit bisa banyak tergantung eksistensi manusianya. Bisnis yang sesungguhnya adalah bermanfaat bagi manusia lain yang membutuhkan, bisnis yang memiliki jiwa untuk jiwa yang lain, bisnis yang memiliki makna tersendiri bagi mereka yang merasakan manfaatnya, inilah yang saya lihat dari Sambel Layah.

sambel layah (1)
Maaf kalau ane boleh jujur, jenis masakan di Sambel Layah menurut lidah ane biasa-biasa aja rasa nya tidak ada yang istimewa, bahkan ane berani jamin tidak ada resep rahasia didalamnya. Tapi ketika lidah ini mengunyah makanan di SL serasa ini menjadi makanan yang luar biasa. Kembali ke perjalanan bisnisnya SL sob, ada beberapa kunci sukses didalamnya menurut pandangan ane,… yang Pertama, mereka memang sudah punya basic pengalaman dalam bisnis kuliner, so,… secara teknis sudah sangat menguasai. Kedua, mereka para pendiri memiliki basic marketing yang bagus, jadi soal penentuan harga, penetrasi pasar dan kebutuhan pasar sekitar lokasi SL menjadi hal terpenting terlebih bicara soal harga yang miring menjadi faktor utama juga. Ketiga, strategi promosi yang mengena dan tepat sasaran. Keempat, sistem manajemen yang memang sudah tertata rapi, karena sudah menerapkan sistem manajemen rapi di bisnis kuliner sebelumnya. Kelima, sistem pelayanan, penanganan, pengembangan yang selalu berinovasi terus menerus.

Nah, itu secara teknis ilmu dunia nya sob,… jadi setau ane, mereka berdua juga memiliki sistem ilmu manajemen langit yang jarang dipakai pengusaha lainnya, artinya kelima langkah diatas akan berjalan lebih sempurna lagi jika dipadukan dengan sistem manajemen langit. Seperti apakah sistem manajemen langitnya… kita lanjut dipembahasan berikutnya sobat,… alias bersambung dulu yahh….

Iklan

11 pemikiran pada “Kisah Inspiratif Dari Sambel Layah

  1. Reblogged this on Kluban and commented:
    Ternyata begini kisah Sambel Layah yang sukses
    Komentar pribadi : Rasa biasa saja. yah namanya ayam goreng, ayam bakar, lele goreng dan semacamnya..yah gitu-gitu saja… paling bedanya di sambal…

    Sambal, jargonya bikin nangis, tapi kalo menurut saya tidak terasa pedasnya, jauh kalo dibanding Bebek Slamet.

    Harga…nah ini dia nilai plusnya, harganya murah, tempatnya enak… efeknya Laris Manis…
    Dulu di Cilacap parkiran isinya motor-motor, sekarang mobil-mobil bagus juga menuh-menuhin parkir..

    Suka

  2. Luar biasa kisah perjalanan bisnis Mas Wawan, tadi Selasa 23 Feb 2016 sy mengikuti ceramahnya Mas Wawan, salut mas…… yang lebih membanggakan adalah bisnisnya Islami, banyak bersedekah, kepada masyarakat, anak PA, dsb. Semoga sukses selalu….Amin.

    Suka

  3. Ping balik: Hampir Tertipu “Sambel Leyeh” | Maskur's Blog

Terima Kasih Atas Komentarnya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s