Lakon Wayang – Gareng Gandrung, Ki Sikin Hadiwarsono

Cerita wayang kulit itu banyak versinya, ada cerita pakem banyak pula cerita carangan. Berikut ini salah satu lakon carangan yang lebih disukai oleh penggemar wayang di wilayah Banyumas dan sekitarnya. Gareng Gandrung oleh Ki Dalang Sikin Hadiwarsono, dari Cinyawang Patimuan Cilacap.Sikin HW - Gareng Gandrung (1)

Dimulai dengan jejer di negeri Amarta. Prabu Yudistira dan para Pandawa menghadap serta Patih Handaka Ganggeng. Membahas kondisi negara serta ada satu hal khusus yaitu Gareng yang menjadi Penganten baru beberapa bulan belum menghadap ke Astina.

Sikin HW - Gareng Gandrung (2)

Datang Pandita Durna yang membicarakan bahwa Perang Baratayuda bisa dibatalkan dengan syarat Gareng dipisahkan dengan istrinya yang bernama Siti Warnindah untuk diminta menjadi istri Lesmana Mandrakumara, Putra Mahkota Astina. Para Pandawa setuju, kecuali Nakula.Sikin HW - Gareng Gandrung (3)

 Nakula menentang hal tak logis tersebut bahkan mengata-katai Pendita Durna bahwa dia adalah Pendita tak beradab.

Sikin HW - Gareng Gandrung (4)

Aswatama yang berada di luar mendengar kata-kata Nakula merasa tersinggung kemudian masuk dan menarik Nakula keluar. Kemudian paseban dibubarkan.Sikin HW - Gareng Gandrung (5)

Di luar, para Kurawa yang mengawal Durna bersiap diri agar misinya sukses.Sikin HW - Gareng Gandrung (6)

Terjadi perang tanding, Aswatama melawan Nakula, Aswatama tidak mampu mengimbangi Nakula, lalu mundur.Sikin HW - Gareng Gandrung (7)

Maju Dursala, dihadapi oleh Gatotkaca, Dursala kalah dan mundur.Sikin HW - Gareng Gandrung (8)

Kurawa yang tersisa dapat ditanggulangi oleh Antareja.Sikin HW - Gareng Gandrung (9)

Bahkan Durna dipermainkan oleh Antasena yang sakti.Sikin HW - Gareng Gandrung (10)Akhirnya Durna minta bantuan pada Werkudara agar menghukum anak-anaknya.Sikin HW - Gareng Gandrung (11)Gatotkaca melihat ayahnya maju, kemudian terbang ke angkasa. Antareja demikian pula, masuk ke dalam bumi. Sementara Antasena yang “angkatan laut” kena hajar dari ayahnya. Walau jelas tidak apa-apa.Sikin HW - Gareng Gandrung (12)Antareja membantu Antasena dengan mengambil celah ketika Bima lengah, diangkat dan dileparkan jauh-jauh.Sikin HW - Gareng Gandrung (13)Werkudara terlempar bahkan menimpa tubuh Durna. GIF ngakak ijo
Sikin HW - Gareng Gandrung (14)

Adegan berpindah ke Pertapan Tangkuban Sela. Begawan Sidik Purnama dihadap cantrik-cantriknya membicarakan padepokannya yang sedang berbahagia karena cucunya Siti Warnindah baru menikah dengan GarengSikin HW - Gareng Gandrung (15)Datang Bima mengutarakan maksudnya akan memboyong Siti Warnindah ke Astina.Sikin HW - Gareng Gandrung (16)Sementara Gareng dan istrinya sedang becengkerama dan bersenang-senang dengan istrinya.Sikin HW - Gareng Gandrung (17)

Datang Bima yang akan meminta istri gareng, karena keberatan Gareng dihajar oleh Werkudara.Sikin HW - Gareng Gandrung (18)Anoman datang untuk membantu Gareng agar selamat dari amukan Bima.Sikin HW - Gareng Gandrung (19)Sementara Gareng bisa lari dari kejaran Werkudara….masuk sesi Gara-gara.Sikin HW - Gareng Gandrung (20)Kemudian Karengkedempel kedatangan Wisanggeni dan Antasena membicarakan tentang keselamatan Gareng. Akhirnya disepakati Wisanggeni yang akan menghadapi Werkudara.Sikin HW - Gareng Gandrung (21)Sementara itu Petruk dan Bawor bertemu dengan Buta yang akan meminta istri gareng juga. Raksasa berhasil dihadapi dan menyimpang laku.Sikin HW - Gareng Gandrung (22)Di Astina, Lesmana merengek agar cepat menjadi pengantin, kalo tidak dia akan bunuh diri. Hal ini membuat Duryudana pingsan.Sikin HW - Gareng Gandrung (23)Gareng yang sedang dikejar Bima bertemu dengan Wisanggeni.Sikin HW - Gareng Gandrung (24)Wisanggeni menyadarkan Werkudara akan ke-alpaanya.Sikin HW - Gareng Gandrung (25)Werkudara berbalik sekarang mengusir para kurawaSikin HW - Gareng Gandrung (26)Perang sampak Werkudara menghajar Aswatama.Sikin HW - Gareng Gandrung (27)Tayungan…Sikin HW - Gareng Gandrung (28)Tancep kayon…

Untuk lengkapnya bisa disaksikan di DVD wayang dibawah ini.

Sikin - Gareng GandrungBisa dibeli di penjual CD terdekat atau pesan ke HANS atau SUGENG


Catatan: 

Untuk lakon ini sebenarna sudah cukup bagus. Mengangkat cerita yang merakyat dimana abdi semacam punakawan pun punya peran. Namun untuk alur cerita ada yang terputus dimana Raksasa yang bertemu Bawor dan Petruk tadi “menghilang” tidak ada kelanjutannya. 

Gareng ketika bertemu Wisanggeni juga akan lebih dramatis andaikan Gareng dirubah menjadi tokoh sakti yang akan mengamuk ke Bima dan lalu Kurawa. Kemudian Bima yang membersihkan kurawa yang tidak terima.

Untuk Dalang sendiri, cukup bagus. Ki Sikin biasanya membatasi sesi hiburan demi “netes”-nya cerita. Di DVD ini bahkan tak ada limbukan. Dan itupun masih aca cerita yang hilang. Mungkin dalang sekarang perlu pintar-pintar membawakan lakon sehingga tak ada rantai cerita yang putus namun tetap menghibur

Iklan

3 pemikiran pada “Lakon Wayang – Gareng Gandrung, Ki Sikin Hadiwarsono

Terima Kasih Atas Komentarnya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s