Dukung Kota Anda Untuk Penghargaan Wahana Tata Nugraha

Tiga kota yaitu Cilacap, Purwokerto dan Purbalingga mulai Senin (27/4) akan dinilai oleh tim dari Kementerian Perhubungan untuk meraih Penghargaan Wahana Tata Nugraha.

sumber:surabaya.tribunews

sumber:surabaya.tribunews

Penghargaan Wahana Tata Nugraha adalah penghargaan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada kota-kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik. Penghargaan ini diberikan setiap tahun, biasanya pada bulan April. Penilaian dilakukan atas kategori kota metropolitan, kota besar, kota sedang, dan kota kecil. aspek penataan transportasi yang berkelanjutan, dan berbasis kepentingan publik dan ramah lingkungan mendapat pertimbangan terbesar dalam penilaiannya. (Wikipedia)

Penilaian Wahana Tata Nugraha

Adapun penilaiannya meliputi bidang : Perparkiran, Terminal, Uji kendaraan, Angkutan Umum, Rambu dan Marka, Trotoar, Kondisi jalan serta Perilaku berlalu lintas.

Masyarakat bisa turut serta dengan melakukan hal-hal berikut:

  • Disiplin berlalu lintas untuk kendaraan bermotor: menggunakan piranti keselamatan berkendara dengan benar (helm, sabuk pengaman), kelengkapan kendaraan terjaga (spion, lampu, sein, plat nomor, surat-surat) serta perilaku di jalan (tidak melanggar marka, tidak melanggar rambu, tidak melawan arus, tidak meneorobos lampu merah dsb)
  • Disiplin berlalu lintas bagi selain kendaraan bermotor : menyeberang di zebra cross, sepeda juga patuhi rambu.
  • Bagi yang menggunakan trotoar untuk berjualan atau usaha lain diusahakan berpindah atau mundur dari trotoar.
  • Melaporkan pada Dinas Tata Kota atau Dinas Perhubungan setempat jika ada rambu atau marka yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Misalnya rambu tertutup pohon, petunjuk arah tertutup papan reklame dan sebagainya.
  • Parkir kendaraan sesuai tempatnya, jika ada marka parkir maka tempatkan kendaraan anda di tempat yang ditentukan.

Untuk kota Cilacap akan diadakan penilaian pada hari Senin tanggal 27 April 2015, mulai pagi sampai malam hari. Konsentrasi di jalan A. Yani, Sudirman dan S. Parman.

Iklan

Terima Kasih Atas Komentarnya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s