Srikandi, Shikhandi, Shikhandini

Srikandi-kl

Nama Srikandi sepertinya termasuk nama wayang yang cukup dikenal. Dalam pewayangan, Srikandi adalah wanita yang mempunyai kemampuan prajurit, bela diri dan menggunakan senjata, sehingga dilibatkan dalam perang Baratayuda. Istilah Srikandi banyak digunakan sebagai kiasan untuk tokoh wanita yang berprestasi, misalanya Srikandi Bangsa atau jaman sekarang ada Srikandi Partai…#eh…

Srikandi versi Indonesia adalah seorang wanita, anak bungsu Prabu Drupada dari Pancala atau Cempalaradya. Srikandi mempunyai dua kakak yaitu Drestajumena dan Drupadi. Dan Srikandi adalah istri dari Arjuna, walau tidak mempunyai anak

Kita tengok ke versi India, Srikandi dikenal dengan Shikhandi, anak sulung Drupada dari Pancala. Shikhandi adalah seseorang yang terlahir perempuan bernama Shikhandini, namun karena dia memakai untaian bunga, yang mana pemakai untaian bunga ini akan menjadi penyebab terbunuhnya Bisma, kemudian pergi ke hutan dan bertukar jenis kelamin dengan seorang Yaksha, karena ayahnya takut jika Bisma akan memburunya. Untaian bunga ini ditaruh oleh Dewi Amba karena merasa dendam dengan Bisma. Shikhandi versi India bahkan mempunyai seorang istri dan punya anak laki-laki bernama Kshatradeva. (referensi : wikipedia)

Shikhandi 1965

Sekarang kita tonton Movie Mahabharat rilisan tahun 1965 di SINI. Ketika perang Baratayuda, muncul Shikhandi untuk melemahkan Bisma, dan dia di sini adalah seorang Laki-laki yang gamulai alias banci.

Shikhandi 1990

Kemudian kita lihat Mahabharat series rilisan tahun 1988, disana juga ada Shikandhi, yang juga laki-laki.

Shikhandini 2014

Nah di Mahabharat 2013, yang muncul adalah Shikhandini, seorang perempuan yang agak tomboy alias kelaki-lakian. Namun walaupun perempuan dia bukan istri Arjuna.

Srikandi Senopati cropresize

Nah mungkin karena banyak versi di atas, ketika perang bharatayuda dibuatlah wayang khusus yaitu Srikandi senopati. Berupa wayag srikandi yang berpakaian perang layaknya laki-laki.

Iklan

Terima Kasih Atas Komentarnya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s