Pagelaran Wayang – Gatutkaca Ratu (Ki Kukuh Bayu Aji) – Part 1

Wayang Gatutkaca RAtu 1-01

Adegan dimulai dengan jejer di Kayangan Jungringsalaka. Batara Guru dihadap Batara Narada, Batara Brama dan Batara Yamadipati.
Mereka membahas tentang Gatotkaca yang bertapa di gunung Argakilasa, menagih janji Batara Guru untuk menjadikannya Raja di Kayangan. Janji ini diucapkan sebagai hadiah ketika Gatutkaca berhasil menumpas ancaman dari Prabu Pracona dan Patih Sekipu.

Namun Batara Guru nampak tersinggung dan hendak  ingkar janji. Jadilah terjadi selisih pendapat dengan Batara Narada, yang mengakibatkan Narada pergi dari pasewakan.

Wayang Gatutkaca RAtu 1-02

Batara Guru malah kemudian memanggil Batari Durga dan memberinya pusaka Oyod Bayu Ura, untuk menyingkirkan Gatutkaca

Wayang Gatutkaca RAtu 1-03

Batari Durga lalu memanggil muridnya bernama Pråbu Naga Baginda dari negara Pedhut Wesi untuk membantu menggempur Gatutkaca.

Wayang Gatutkaca RAtu 1-04

Lalu dikerahkan wadya bala Setra Gandamayit dan pasukan Negara Pedhut Wesi ke Arga Kilasa. Terdiri dari pasukan raksasa dan krajiman.

Wayang Gatutkaca RAtu 1-05

Di adegan rampogan ini Dalang Kukuh menampilkan sesuatu yang berbeda, yaitu tampian dua arah, dari depan dan belakang kelir. Yang ini adegan pasukan raksasa yang dilakukan oleh anak sang dalang yang bernama Bima.

Bisa di buffer di video ini

Wayang Gatutkaca RAtu 1-06

Di Gunung Arga Kilasa, Gatutkaca yang sedang bertapa dijaga oleh Anoman dan Bawor. Lalu datanglah pasukan Setra Gandamayit dan Pedhut Wesi menyerbu.

Wayang Gatutkaca RAtu 1-07

Anoman dengan sigap mengadang serbuan tersebut. Tanagn kosong dijabanin, adu pedang, adu gada sampai akhirnya sang penyerbu ditaklukan sang Kera Putih.

Wayang Gatutkaca RAtu 1-08

Serbuan lain datang, raksasa-raksasa buas menyerang.Di adegan ini sang Dalang menghadirkan inovasinya yaitu wayang yang dibakar, menyala sungguhan.

Wayang Gatutkaca RAtu 1-09

Bawor pun tak mau kalah, bertempur menghadapi pasukan raksasa. Trik lain sang dalang muncul di sini, raksasa ini akan di cangkul sehingga kepalanya putus, penontonpun bersorak.

Wayang Gatutkaca RAtu 1-10

Trik lain lagi, yang ini di cangkul bawor lalu badan sang raksasa terbelah.

Wayang Gatutkaca RAtu 1-11

Adegan yang agak nyerempet pornoaksi, ketika Bawor berhadapan dengan seorang Banci yang genit namun ternyata laki-laki.

Wayang Gatutkaca RAtu 1-12

Kisah serius berlanjut di sini, melihat pasukannya kewalahan menghadapi Anoman dan Bawor, Batari Durga segera melepaskan senjata Oyod Bayu Ura mengarah ke badan Gatutkaca.

Wayang Gatutkaca RAtu 1-13

Terkena Oyod Bayu Ura, Gatutkaca ambru tak sadarkan diri, cedera parah. Bawor dan Anoman pun berkeputusan membawa tubuh Gatutkaca ke hadapan Semar.

~~BERSAMBUNG~~

Iklan

Terima Kasih Atas Komentarnya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s