Tips Nonton Wayang Semalam Suntuk

Nonton wayang, perlu kemauan dan ketahanan tubuh serta terntu saja peralatan. Karena kegiatan ini umumnya berlokasi outdoor dan dilakukan sepanjang malam, jadi istilahnya begadang. Begadang namun juga butuh konsentrasi dalam menikmati aksi dan isi cerita wayang itu sendiri.

Bagaimana menikmati tontonan wayang dengan nyaman?

1. Pertama kondisi badan harus fit, kalau sakit ya jangan memaksakan diri.

2. Kedua, usahakanlah tidur dahulu, baik siang hari atau satu-dua jam menjelang pentas dimulai. Umumnya pentas wayang mulai sekitar pukul 21.00 atau 21.30 malam. tidur

Jadi selepas makan malam, kemudian shalat Isya, usahakanlah setelahnya tidur satu atau dua jam. Misal jam 19.30 mulai tidur, pasang alarm di jam 21.00 atau 21.30. Biasanya inti cerita dari lakon wayang itu dijabarkan di sekitar pukul 22.00.

Ini berlaku untuk lokasi yang relatif dekat dengan rumah, untuk lokasi jauh bisa berlaku sama, asal bisa menemukan tempat yang bisa digunakan untuk istirahat. Karena penggemar wayang-pun ada yang die-harder, alias datang menonton walau jaraknya di kabupaten sebelah.

3. Ketiga jaga makanan, jaga menu makan kita agar tidak menyebabkan gangguan sepanjang mentonton wayang. Hindari makanan pedas atau asam atau yang lain yang kira-kira di perut tidak nyaman, sejak makan siang dan kemudian makan malam. Banyak makan sayuran dan buah-buahan agar badan tahan lama kesegarannya.

ngopi raksasa

4. Keempat, siapkan energi tambahan. Umumnya minum kopi agar tahan tidak ngantuk. Madu juga bisa memberi tambahan energi pada tubuh. Usahakan minum kopi yang sebenarnya yaitu kopi hitam non instant. Kopi instant atau kopi putih (tapi coklat) biasanya cuma enak buat minuman, tapi kafeinnya tidak ada. Kafein ini  yang diperlukan gar tahan melek. Tapi kopipun jangan berlebihan, karena bisa mengganggu perut.

5. Kelima, siapkan peralatan, jika benar-benar di tempat terbuka siapkan jaket, kalo bisa juga topi rajut atau balaclava (topi ninja) atau kalo kita nonton di lapangan, bisa juga membawa sleeping bag.

6. Tambahan, kalo bisa anda sudah tahu ceritanya, jadi kalo anda terlelap sebentar tidak akan kehilangan alurnya. Jaman sekarang lakon wayang bisa dilihat lewat DVD, via Youtube atau membaca sinopsisnya di Internet.

Iklan

Terima Kasih Atas Komentarnya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s