Wayang Jogja Dikenal Karena Facebook

Kopdar dengan Ki Faizal Noor Singgih

Bertemu lagi dengan penggiat seni pewayangan Jogjakarta. Kali ini dengan Bapak Sindhung a ka Bima Karangjati dan Ki Dalang Faizal Noor Singgih. Kebetulan ada sesi wawancara untuk dokumentasi dan informasi untuk penerbitan buku oleh kedua tokoh tersebut.

Banyak hal yang baru saya ketahui khususnya mengenai wayang gagrag Yogyakarta. Dan ada satu kalimat yang saya ingat terucap dari Ki Faizal, dalang satu ini ternyata dulu aktif di Jogjatv. Kalimat tersebut intinya seperti ini : “WAYANG JOGJA ITU BARU DIKENAL SETELAH ADA FACEBOOK”

Jadi dulunya bisa dikatakan Pak faizal ini yang mengawali aktif mengupload wayang-wayang jogja di facebook. Kemudian setelahnya banyak yang mengenal dan diikuti oleh yang lain yang mengupload foto-foto wayang dan juga keterangannya. Tokoh-tokoh yang aktif mengungguh wayang di facebook diantaranya Ki Agus Wiyarto (rahimahullah), R Bima Slamet Raharja dan Ari Gunadi.
Ari Gunadi

Dan, tenyata perkataan yang sama saya dengar sebelumnya, di waktu dan tempat yang terpisah oleh Pak Ari Gunadi. Dengan media facebooknya wujud dan keterangan wayang juga mulai dikenal publik.

Berarti dengan perlakuan yang benar, social media itu berguna.

Iklan

Terima Kasih Atas Komentarnya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s