Prabu Sosrowono

Ratu Sabrangan 5

Prabu Sosrowono muncul di wayang gagrag Banyumasan sebagai ratu sabrang. Dan disebutkan sebagai salah satu murid dari Pandita Durna. Sosrowono adalah raja dari negara Kutharunggu atau ada juga yang menyebut dengan Giri Kutha Prunggu.

Tokoh ini muncul menjadi tokoh penting dalam lakon Gathutkaca Sungging atau Kikis Tunggorono versi Banyumas. Dimana Sosrowono membantu Bomantara dalam mengalahkan Gathutkaca. Dengan senjata andalannya adalah taring bernama Siyung Braja yang berisi arwah gentayangan Dasamuka atau Godhayitma. Sosrowono berhasil mengalahkan Antareja dan Gathutkaca dengan senjata Siyung Brajanya. Karena Sosrowono dibantu Godhayitma maka yang bisa mengalahkan adalah Anoman. Ketika bertemu Anoman maka hilanglah kesaktian Siyung Braja dan Sosrowono pulang ke Kutharunggu.

Di lakon lain versi Ki Sugino Siswocarito, Sosrowono muncul dalam lakon Suryandadari. Di sini diceritakan bahwa kesaktian Siyung Braja adalah karena Sosrowono berhasil mengalahkan raja negara Bikungkung, Prabu Begasura. Prabu Begasura yang kalah kemudian merasuk ke taring Sosrowono. Prabu Begasura adalah anak Indrajit alias cucu Dasamuka.

Versi dalang lain Sosrowono akan muncul dalam lakon lain yang berperan sama, murid Drona yang mengganggu Putra Pandawa. Dia juga mengincar Dewi Pergiwa, istri Gathutkaca. Dan hasil akhirnya adalah sama, kelemahannya ketika bertemu Anoman.

Ratu Sabrangan 3 Ratu Sabrangan 4 Ratu Sabrangan 2 Ratu Sabrangan 1ratu sabrang srambahan8 ratu sabrang srambahan

Wayang Sosrowono menggunakan wayang Srambahan untuk Ratu Buta/Ratu sabrangan. Wayang birawa, bermahkota dan mulut gusen dan bertaring.

Iklan

Satu pemikiran pada “Prabu Sosrowono

  1. Ping balik: Dewasrani Dan Nilasrani | kluban

Terima Kasih Atas Komentarnya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s