Lakon : Anoman Wulung

Anoman Wulung, Anoman itu kera berbulu putih sedangkan wulung itu artinya hitam atau gelap, contohnya Bambu Wulung adalah bambu yang warnanya kehitam-hitaman. Nah bagaimana kok bisa Anoman menjadi hitam? Dalam dunia wayang, memanga da wayang kera yang serupa Anoman namun berbulu hitam, dan bukan tergolong “kadang Bayu” namanya Kapi Suwido. Apakah Anoman Wulung itu kapi Suwido? Simak sanggit singkat menurut kreatornya, Ki Gino Degleng PurwodikondhoAnoman Wulung

Anoman Wulung menceritakan kisah setelah lakon yang sangat terkenal yaitu Anoman Obong. Setelah berhasil menemui Sinta, Anoman tertangkap tangan oleh Indrajit dan lalu dipenjara di Alengka. Karena kesaktiannya, Anoman berhasil memporak-porandakan Istana Alengka dan membakarnya. Nah dari sinilah kisah itu dimulai

Anoman yang berbulu putih bersih, meloncat ke sana kemari, membakar tiap sudut Istana Alengka. Nah ditengah kobaran api tersebut, rupanya asap hitam dan jelaga dari api yang membakar Alengka rupanya menempel pula ke tubuh dan pakain Anoman. Selain itu selama menjadi tahanan, gelung anoman terlepas di bagaian bawahnya, jadilah dia berwarna hitam, rambutnya gimbal tak teratur. Dan Anoman tidak menyadari hal ini. Setelah kejadian itu, Anoman langsung pulang menuju Pancawati untuk melaporkan tugasnya pada Prabu Rama.

Anoman Wulung jejer

Ketika sampai di Pancawati, bukan sambutan meriah yang Anoman dapatkan, namun kecurigaan, karena wujud Anoman yang berbeda dari sebelumnya. Mulai dari penjaga pintu perbatasan sampai ketika di Istana, tidak ada yang percaya bahwa itu adalah Anoman. Karena keadaan memang genting, setiap orang menaruh rasa Curiga, termasuk Sugriwa dan bahkan Sri Rama. Alasan Anoman tidak bisa diterima karena ketika bulu hitamnya di bersihkan dengan air, ternyata tidak kembali menjadi putih namun tetap berwarna hitam. Mungkin ini adalah jelaga dari ruang jimat Istana Alengka sehingga jelaganya tidak bisa dibersihkan dengan air biasa.

Anoman dipersilahkan untuk membuktikan dirinya adalah asli, dan akan diterima jika telah berhasil kembali menjadi seperti dulu lagi, kera berbulu putih.

Akhirnya Anoman pergi dari Pancawati, berkelana di hutan dan akhirnya bersemedi mencari petunjuk. Anoman diharusnya berendam di pantai yang tidak pernah dijamah manusia selama 7 bulan dan kemudian mencari Minyak Rekamaya di sebuah pulau di dekat Alengka. Dan Minyak Rekamaya itu dijaga oleh Yaksa Sakti.

Anoman bertapa kungkum alias berendam di pantai selama 7 bulan lamanya, kemudian dalam keadaan lemah dia menuju pulau dan berperang melawan Yaksa penjaga Minyak Rekamaya. Dengan susah payah Anoman berhasil mengalahkan Sang Yaksa dan ternyta penjelmaan dewa yang dikutuk. Akhirnya Anoman mendapatkan minyak Rekamaya dan berhasil memulihkan dirinya menjadi putih kembali dan diterima di Pancawati sekaligus menyampaian laporannya.

 

Iklan

Terima Kasih Atas Komentarnya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s