Wayang Kreasi Digital (22) – Wayang Mirip Gatotkaca

Gatutkaca karya Akhy (Guno Carito)

Gatotkaca adalah salah satu wayang yang ikonik. Terkenal dengan kemampuannya terbang, sampai banyak orang awam yang mengira kalo praba adalah alat bantu terbang. Ternyata banyak wayang lain yang bentuknya mirip Gatotkaca, diantaranya :

 

Jayadrata, Karya Kasidi

Jayadrata adalah wayang umum, yang sering terlihat, yang bentuknya sangat mirip Gatotkaca, secara garis besar, bedanya hanya di bentuk gelungnya saja, walau bentuk muka (bedahan) sebenarnya berbeda.

Patih Banendra

Patih Banendra adalah patih negara Lokapala, dengan rajanya adalah Prabu Danapati/Danaraja. Bentuknya mirip Gatotkaca, hanya dibedakan dengan jenggot wok dan muka yang tidak berwarna hitam (bisa gembleng/warna emas atau biru).

Gatotkaca palsu atau juga Gatotkaca lepas topeng waja

Gatutkaca bermulut gusen, muka tidak hitam, bisa jadi Gatotkaca palsu atau juga ketika Gatotkaca topeng wajanya lepas/pecah.

Patih Jalasengara

Patih Jalasengara adalah penyamaran Gatotkaca ketika menjadi patih Prabu Erangbaya (yeng merupakan penyamaran Srikandi). Wayang Gatotkaca rapek ini juga umum digunakan sebagai anak Gatotkaca (bisa Sasikirana atau Suryakaca).

Patih Surata/Narpati Sadha

Patih Surata atau Narpati Sadha adalah raja bawahan Maespati yang sekaligus menjadi salah satu patihnya. Bentuknya mirip Gatotkaca namun dengan postur yang lebih besar, lebih kekar, menggunakan jenggot wok dan sampir.

Bajrasena klamben

Bajrasena

Narpati Bajrasena juga merupakan raja bawahan sekaligus panglima negara Maespati. Bentuknya adalah Bima tanpa kuku yang diberi pakaian mirip Gatotkaca, posturnya hampir/sebesar Bima.

Karendagani

Karendagani juga merupakan punggawa kerajaan Maespati. Berwujud gatotkaca menggunakan baju lengan panjang dan dua buah keris.

 

Iklan

Terima Kasih Atas Komentarnya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s